Upacara Tabtu Kecamatan, Tiga SMKS Barakati Penerima Obor Pertama

  • Aug 16, 2024
  • ASMA NUR KAIDA

Muna Barat. Menyonsong Kemerdekaan Republik Indonesia  biasanya diadakan upacara tabtu dan pawai obor.  Kegiatan ini sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia sebagai simbol menyalakan semangat yang berapi-api pada masyarakat. Metode pelaksanaan tergantung kebijakan pemerintah setempat. 

Khusus Muna Barat upacara tabtu dan pawai obor dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republika Indonesia ke-79 dilaksanakan tiap-tiap kecamatan.

Untuk kecamatan Barangka upacara tabtu dan pembakaran obor dilaksanakan di kantor camat barangka. Yang kemudian dirangkaikan pawai obor berakhir di Lapangan sepak bola Lapolea pada hari Jumat 16 Agustus 2024 pukul 17.00 sampai selesai.  

Secara simbolis terlihat tiga perwakilan siswa menyalakan obor yang dipimpin langsung oleh camat Barangka Tamrin, S.Sos, upacara pun berlangsung hikmad. Masing-masing perwakilan siswa itu dari SMKS Barakati jurusan Multimedia Anisa Putri kelas XI dan Alia kelas XII dan Karlin jurusan pengalasan kelas XII. Selain itu peserta upacara siswa siswi dan guru memakai keseragaman Pramuka. 

"Terimakasih dan salam hormat saya kepada semua teman-teman yang terlibat dalam kegiatan tabtu malam ini. Sebuah kehormatan anak siswa kita dipercaya sebagai penerima obor pertama, semoga api obor yang diterima adalah simbol semangat kita dalam dalam menyongsong dan mengisi kemerdekaan," Ungkap kepala sekolah SMKS Barakati Asis Nurul Syawal S. Pi, M. Sc. Melalui  pesan whatsapp. 

Upacara tabtu dan pembakaran obor memiliki kandungan makna dalam. Api disimbolkan semangat yang menyala sementara rombongan (pawai) obor yang berjalan sepanjang jalan desa menandakan suatu informasi semangat yang menyala kepada masyarakat sekitar menyambut kemerdekaan NKRI ke-79.

Dalm upacara turut hadir dari aparat dari Polres Dan TNI, Asisten Dua Dr. Nazirun S. Pd, M. Si, Kadis Kesbangpol Hamse, S. Pd, Kepala Desa Barangka Jumran Mbota, S.Sos. Kepala Sekolah SMKS Barakati Asis Nurul Syawal, S.Pi, M.Sc, para guru siswa SD, SMP dan SMA Negeri se kecamatan Barangka dan guru SMKS Barakati, serta undangan dan tokoh masyarakat.