Makna 10 Lagu Fildan, di HUT 10 Mubar

  • Jul 25, 2024
  • ASMA NUR KAIDA

Muna Barat, Penyanyi jebolan audisi D'Academy 4 (DA4) Fildan Rahayu kembali menghibur masyarakat dalam rangka peringatan hari jadi ke-10 Muna Barat. Ia membawakan lagu pertama dari Tiara  yang berjudul Jika Kau Bertemu Aku Begini Ciptaan M Nasir. Meskipun lagu ini dirilis 1991 yang di populerkan Arief Putra namun kembali viral di titok sejak 2022.  Lagu yang sempat trending sound itu dinyanyikan oleh Fildan Rahayu dengan gendre dangdut di Lapangan Kelurahan Wamelai Kecamatan Lawan Kabupaten Muna Barat 2024 pukul 15.00 Wita. 

Di bawah sinar matahari yang menyorot langsung pentas pertunjukan tak mengurangi semangat Fildan menghibur para fans yang hadir. Fildan yang begitu mahir memainkan alat musik, di lagu keduanya ia membawakan Ciptaan Rohma Irama yang sempat populer dizamannya dengan judul Setetes Air Hina. Lagu yang Rilis 1983, di tulis Rhoma Irama untuk mengingatkan orang yang berkuasa tidak semena-mena kepada orang lain. Dengan iringan getaran gitarnya suasana konser begitu menggema. Lagu tersebut seperti tak pernah mati dan tetap masih relevan dinyanyikan oleh para artis papan atas. 

Gemuru hurauan para penonton menambah suasana konser lebih hidup dan meriah. Fildan melanjutkan lagu ketiga, dengan lirik lagu Romantis dari India ciptaan Amitabh Bhattacharya yang dirilis 2015 berjudul Gerua. Iringan musik seruling yang dimainkannya begitu apik dengan suara khas Fildan yang merdu menjadikan penonton ikut terhanyut dalam irama lagu India itu. 

Selanjutnya Fildan Rahayu tetap tampil memukau dengan membawakan lagu-lagu populer ditahun 90-an hingga 2000-an berjudul Sakit Gigi Ciptaan Obbie Mesakh. Lagu ini terus diingat lintas generasi yang memiliki makna membandingkan dua rasa sakit yang kebanyakan orang pernah alami. 

Masih diwaktu yang sama Fildan meneruskan tarikan-tarikan suaranya dengan kembali mengusung lagu ciptaan Rhoma Irama berjudul Judi yang dirilis tahun 1987. Lagu Judi dianggap lagu terlama yang pernah diciptakan sepanjang karirnya. Hingga generasi saat ini masih saja dipopulerkan pada kalangan pencinta musik dangdut. Lagu ini diciptakan terinspirasi dari sebuah acara fenomena perjudian dalam bidang olahraga. 

Dari lima lagu itu, Fildan mencoba berinteraksi dengan para fansnya, ia memilih beberapa orang untuk berfoto selfie pakai HP penonton, dengan acak dari sisi kanan, tengah dan sisi kiri panggung . Selain itu, Untuk membangun keakraban emosianal, sesekali Fildan menggumamkan bahasa daerah muna untuk menyapa penonton seperti anoamo (benar), asiangko (saya menyukaimu). 

Lewat sesi ini, di hadapan para penonton Fildan mengaku sudah empat kali hadir dalam pentas pertunjukan musik dangdut untuk menghibur masyarakat Muna Barat. "Alhamdulillah sudah empat kali saya hadir di Muna Barat sejak 2017 sampai 2024, Masyarakat Muna Barat Masih mencintai Fildan dan saya mencintai juga kalian, " Serunya.

Fildan mengaku bahwa keberhasilannya saat ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Muna Barat. "Saya juga orang Muna terimakasih kalian sudah mendukung saya semoga hari ini happy ya, ". Cetusnya. 

Fildan juga tak lupa mendoakan Muna Barat diusianya ke-10 tahun ini agar masyarakat sejahtera. "Semoga ulang tahun ke-10 ini Muna Barat makin maju, sejahtera, dijauhkan dari mara bahaya, musibah dari masyarakatnya. Semoga masyarakat sehat semua apalagi menjelang pilkada," Harapnya. Ia mengucapkan terimakasih juga pada aparat kepolisian, satpol PP yang turut memastikan keamanan berlanjutnya acara dari awal hingga akhir kegiatan. 

Lebih lanjut, disesi kedua ini Fildan dengan khas cengkokan dangdutnya, masih menyanyikan lagu-lagu populer di tahun 90-an berjudul Janji Seribu Janji  Yang Penting Happy. Lagu yang dinyanyikan Jamal Mirdad kala itu kembali populer di Tiktok 2023 dengan dijadikan sound treak Video maupun foto. Para penonton pun ikut bergoyang

Fildan yang dikenal mahir manyanyikan  lagu India ia juga mengusung lagu-lagu filem Khucu Kuch Hota Hai seperti Tum Paas Aaye, Koil Mil Gaya, Tijhe Dekha To, Yang dinyanyikan secara nonstop. Lagu-lagu ini populer ditahun 1998 yang terkenal seantero bumi alias terlaris dengan mengusung cerita percintaan segitiga. 

Terakhir ia menyanyikan lagu legendaris Bento Sambil mengajak PJ Bupati La Ode Butolo dan jajarannya serta Bawaslu Muna Barat, Kepala BKD Provinsi Sultra untuk hadir di atas panggung. Lagu Bento ciptaan Naniel kemudian di populerkan Iwan Fals ini sukses menjadi lagu Hits sepanjang masa di Indonesia, diciptakan 1989. Maknanya yang begitu banyak dipertanyakan namun menurut pandangan Iwan Fals merupakan karya sastra sosial yang mengusik pikirannya. 

Fildan jebolan Juara satu pencarian bakat DA4 2017 tayang di Indonesia, viral setelah melumpuhkan lagu Tum Hi Ho (kamulah satu-satunya), yang kemudian juga sebagai juara satu Akademi Dangdut Asia yang disiarkan Indosiar. Selain Fildan Rahayu, di HUT Mubar dimeriahkan  juga oleh Kania Permatasari jebolan penyanyi dangdut pencarian bakat Bintang Pantura 5 asal Bandung Jawa Barat yang berjendre koplo dan pop dangdut disiarkan MNC TV. 

Sepertinya tema-tema yang diusung oleh Fildan lagu-lagu populer di zamannya kemudian masih relevan untuk  diteladani dimasa kini.

By. Asma Nur Kaida