Sambut HUT Mubar, Begini Antusias Warga Wamelai

  • Jul 19, 2024
  • ASMA NUR KAIDA

Muna Barat, Peringatan hari jadi Muna Barat 23 Juli 2024 kali ini kembali dilangsungkan di Lapangan Kelurahan Wamelai Kecamatan Lawa. Antusias masyarakat menyambut sepuluh tahun Kabupaten Muna Barat begitu bersemangat. Terlihat Puluhan masyarakat Wamelai yang di pimpin langsung Kepala lurah Wamelai Ali Ode Pua adakan kerja bakti membersihkan lingkungan se-kelurahan jumat pagi 19 Juli 2024. 

"Dalam rangka HUT Mubar masyarakat Kelurahan Wamelai menyambut dengan riang gembira.  "Ungkap Kepala Lurah Wamelai Ali Ode Pua pada KPLL Laworoku melalui pesan watsapp. 

Ali Ode Pua mengaku setahun lalu 2023 pernah dilaksanakan peringatan HUT Mubar di Lapangan Wamelai dan sangat berdampak pada pedagang UMKM. Ia berharap dengan kembali diadakannya HUT Mubar di Kelurahan Wamelai dapat meningkatkan perputaran ekonomi dalam masyarakat. 

"Khususnya bagi pedang UMKM sangat senang dengan adanya perayaan HUT Mubar, karena ini dapat meningkatkan perputaran ekonomi signifikan selama kegiatan berlangsung, " harapnya.

Selanjutnya Kepala Lurah menyabut dengan sangat positif kegiatan HUT Mubar di pusatkan kembali di Kecamatan Lawa khususnya Lapangan bola Kelurahan Wamelai. "Sangat senang tentunya bahasa singkatnya oliwu norame tora (kampung kembali ramai), " terangnya. 

Lebih lanjut Lurah Wamelai berharap di HUT Muna Barat ke  sepuluh daerahnya lebih maju masyarakat lebih sejahtera. "Semoga HUT Mubar yang ke-10 tahun ini Muna Barat semakin makmur, menjadi daerah yang dilimpahi oleh kekayaann alam dan menjadi daerah yang maju dan bahagia warganya," harapnya. 

Kegiatan HUT Mubar jatuh pada 23 Juli 2024, yang akan dimeriahkan oleh artis dangdut papan atas yakni Fildan Rahayu dan Kania Permatasasi bintang pantura. Konser tersebut dijadwalkan rabu 24 Juli 2024. Yang kemudian akan dilanjutkan berbagai pertarungan seperti bola gotong, kasida rabana, olahraga, kesenian, domino dan E-sport. 

Sebelum puncak acara dua artis ibu kota itu urut menghibur masyarakat Muna Barat, maka diagendakan 20 Juli 2024 dilaksanakan parade karnaval oleh masyarakat luas, star lapangan sepak bola Lapolea kecamatan Barangkal finis di lapangan Bola Kelurahan Wamelai. 

Kemudian 23 Juli 2024 diagendakan upacara bendera, tradisi pembacaan doa (haroa), tradisi pertunjukan pekelahian kuda, selanjutnya malam ramah tamah. 

 

By. Asma Nur Kaida